Saat berkunjung ke Nusa Penida, mungkin kita sudah familiar dengan objekobjek wisata seperti Goa Giri Putri, , atau Angels Billabong. Sebagian besar objek wisata tersebut berhadapan langsung dengan laut. Tapi belum banyak orang mengetahui Nusa Penida juga memiliki objek wisata yang tersembunyi, yakni Tembeling Water Spring Nusa Penida.

Bagi sebagian besar orang, nama “Tembeling Water Spring Nusa Penida” masih terdengar asing. Tapi bagi siapapun yang telah mengunjunginya, Tembeling memberikan kesan indah yang tak ada habisnya.

Perpaduan antara mata air, gua, dan panorama Tembeling dijamin akan memanjakan mata. Pesona Tembeling memang tidak dapat diremehkan.

Lantas, apa saja pesona dari objek wisata tersembunyi ini? Simak ulasan tentang Tembeling Water Spring Nusa Penida berikut:

1. Kolam Alami Diliputi Tebing

Tembeling Water Spring adalah objek wisata berbentuk kolam alami. Tembeling tidak dibuat oleh manusia, melainkan terbentuk dengan sendirinya.

Warna air kolam berukuran enam meter ini benar-benar biru, bukti kebersihan dari situs tersebut. Sementara itu, di sekeliling Tembeling, terdapat tebing berdiri melingkar.

Saat Anda berada di dalamnya, Anda bisa merasakan perasaan tenang. Suasana kolam yang teduh akan membuat Anda betah berlama-lama.

Selain itu, pemisahan tempat pria dan wanita akan membuat Anda lebih nyaman dan leluasa berendam di Tembeling.

2. Letaknya Berdekatan Dengan Laut

Letak Tembeling berdekatan dengan laut. Hal tersebut mengakibatkan permukaan dan struktur tanah kolam nyaris mirip dengan daerah pantai.

Pasir yang terdapat di Tembeling berwarna putih bersih dengan kerikil-kerikil kecoklatan. Struktur tebing yang melingkupi kolam juga persis tebing di tepi pantai.

3. Sumber Airnya Jernih Dan Segar

Di dekat situs Tembeling, terdapat sumber air besar. Air di sana rasanya tawar. Selain itu, air tersebut juga sangat jernih dan segar, sehingga bisa langsung diminum oleh wisatawan.

Dulu, sumber air ini digunakan warga sekitar sebagai pemenuh kebutuhan sehari-hari. Tapi setelah ketenaran Tembeling Water Spring Nusa Penida meningkat, warga memutuskan berhenti menggunakannya.

4. Akses Menuju Kolam Yang Unik

Untuk mencapai lokasi Tembeling, Anda perlu melewati tebing-tebing dan pegunungan. Kendaraan umum tidak bisa masuk. Oleh karena itu, wisatawan direkomendasikan membawa kendaraan pribadi.

Entah itu mobil atau motor. Jika Anda terlanjur tiba tanpa membawa kendaraan sendiri, Anda bisa menghubungi jasa touring terdekat.

Tapi semua kesusahan saat menuju Tembeling sangat layak dilakukan. Sepanjang jalan, kita akan disuguhi pemandangan hutan nan indah. Terdapat juga spot-spot foto yang menarik untuk diabadikan.

5. Kawasan Cocok Untuk Trekking

Salah satu cara alternatif tiba di Tembeling adalah dengan trekking. Jalan menuju Tembeling tidak selalu mulus. Bahkan sebagian besar jalan sulit diratakan sehingga wisatawan harus turun kendaraan di beberapa tempat.

Lain hal jika Anda menyukai olahraga sepeda free-style. Anda bisa datang dengan menggunakan sepeda gunung. Jauh lebih menantang, bukan?

6. Biasa Dijadikan Tempat Ritual Keagamaan

Nyaris seluruh tempat wisata di Bali digunakan/memiliki tempat khusus untuk melakukan ritual keagamaan. Biasanya, masyarakat setempat menjadikan Tembeling lokasi ritual keagamaan.

Jika tidak demikian, maka masyarakat akan mengambil air dari mata air Tembeling dan digunakannya sebagai air suci. Meski saat ini Tembeling mulai ramai wisatawan, tradisi semacam ini masih sering dilaksanakan.

7. Dekat Dengan Habitat Hewan Khas Bali

Tembeling Water Spring Nusa Penida terletak di dalam cagar alam. Hutan yang melingkupi seluruh daerah mata air merupakan habitat dari monyet dan hewan khas setempat-burung jalak Bali.

Maka dari itu, saat berwisata ke Tembeling, kita bisa langsung menyaksikan pertunjukan hewan-hewan langka tersebut. Keren, kan?